Senin, 20 Mei 2013

Harga Elpiji 3 Kg di Gresik Tembus 18 Ribu

Harga Elpiji 3 Kg di Gresik Tembus 18 Ribu. Dampak kelangkaan elpiji isi 3 kg di Kabupaten Gresik beberapa hari belakangan ini mulai berakibat pada kenaikan harga di tingkat pengecer.

Jika sebelumnya harganya hanya Rp 12.500 hingga Rp 13.000 per tabung, kini melonjak hingga Rp 18.000. Kenaikan harga ini tidak terjadi pada tingkat agen dan distributor. Antrian warga berburu elpiji 3 kg, kini menjadi pemandangan keseharian, dan terjadi di sejumlah agen atau distributor yang tersebar di sejumlah wilayah Kabupaten Gresik.

Sejak pagi warga terus berdatangan dan rela mengantri di sejumlah agen dengan membawa kartu identitas penduduk (KTP) dan kartu kendali yang dikeluarkan pihak agen. Agen elpiji, PT Yemima Ika di Jalan Arif Rahman Hakim Gresik, misalnya, terpaksa melakukan pembatasan jumlah pembelian maksimal delapan tabung per orang.

Selain mewajibkan pembelinya mengantongi kartu kendali dan KTP, pihak agen juga memprioritaskan pembelian khusus untuk warga Gresik. Meski pihak agen telah menerapkan aturan ketat, tetapi cukup banyak warga yang harus pulang dengan tangan hampa karena tidak kebagian jatah elpiji.

Sejumlah warga mengatakan, kelangkaan elpiji menyebabkan harga di tingkat pengecer melonjak hingga mencapai Rp18 ribu per tabung. Sejak dua pekan kemarin, warga harus rela mengantri di sejumlah agen atau distributor, karena banyak pengecer di Gresik yang tutup karena kehabisan persediaan. “Sulit cari elpiji sejak dua pekan ini,” ujar Siswaji, salah satu warga yang ikut mengantri, di Gresik, Kamis (

Tidak ada komentar:

Posting Komentar