Minggu, 10 April 2011

Tiga KA Ekonomi Tidak Beroperasi Di Surabaya


Lantaran tak ingin menjadi bulan-bulanan aksi perusakan oleh suporter dalam dua laga besar di Jawa Timur, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memutuskan untuk mengistirahatkan tiga kereta api (KA) sekaligus jurusan Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Malang, pada Sabtu (9/4) dan Senin (11/4) mendatang.
Asisten Manajer Humas Eksternal PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Herry Winarno menuturkan, pihaknya mendapat informasi tentang dihelatnya dua pertandingan besar, baik pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan Liga Primer Indonesia (LPI). Kebetulan, pertandingan itu diadakan di Surabaya dan Malang pada Minggu (10/4).
Adapun pada kompetisi ISL, akan bertarung Arema melawan Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan Kepanjen. Sedangkan untuk LPI di Surabaya, akan berlaga Persebaya 1927 menghadapi Jakarta 1928 di Stadion Gelora 10 November.
Satu laga lainnya ada di Stadion Gajayana Malang, dimulai pukul 15.00 WIB di mana akan bertanding Persema Malang vs Real Mataram. Adanya tiga laga besar ini, membuat PT KAI perlu menjaga sarana prasarana mereka, termasuk gerbong kereta agar terhindar dari perusakan suporter.
”Adanya dua momen yang bersamaan ini membuat manajemen PT KAI Pusat mengeluarkan keputusan khusus pada kami di Daop 8 Surabaya,” terangnya.
Keputusan yang dimaksud adalah telegram Direktur Utama (dirut) PT KAI No: EO/89/ tanggal 7 April 2011 tentang pengaturan pembatalan perjalanan KA. Dikirimnya telegram itu, tak lepas dari usulan Kepala PT KAI Daop I Jakarta dan Daop 8 Surabaya, tentang potensi kerusakan akibat ulah suporter.
”Kami sudah menerima telegram itu dan tentu akan menerapkan pada tiga KA itu,” tegasnya.
Sesuai telegram tersebut, tiga KA yang diistirahatkan sementara, semuanya kelas ekonomi. Adapun jenisnya adalah KA Matarmaja tujuan Malang-Jakarta (Stasiun Pasar Senen), KA Gaya Baru Malam Selatan tujuan Surabaya (Stasiun Gubeng)-Jakarta, dan KA Kertajaya tujuan Surabaya (Stasiun Pasar Turi)-Jakarta.
Pengistirahatan tiga KA ini hanya untuk dua hari itu saja. ”Pembatalan perjalanan ini tak hanya untuk keberangkatan tetapi juga untuk kedatangan dari Jakarta,” tukasnya.
Lalu bagaimana dengan para pelanggan KA ekonomi sendiri?, Herry menyarankan agar pelanggan KA ekonomi menggunakan KA eksekutif dan bisnis, karena dua jenis kereta api itu tetap beroperasi seperti biasa.
“Biasanya saat ada tim yang bertanding dengan membawa banyak suporter bola, dengan sendirinya penumpang langsung berkurang. Mereka lebih memilih bus karena tak mau berspekulasi terhadap keselamatan mereka. Jika memang ada suporter yang mau berangkat, mereka akan naik kereta bisnis dan eksekutif yang memiliki aturan ketat,” tandasnya.
Tetapi, bukan hanya tiga kereta dari dan tujuan Malang dan Surabaya saja yang ‘diparkir’. Sedikitnya 10 perjalanan kereta api yang melewati Bandung juga dihentikan untuk menghindari keributan antarsuporter sepak bola dengan warga, khususnya terkait pertandingan Persib melawan Bontang FC, Sabtu (9/4).
Kesepuluh perjalanan kereta yang dibatalkan adalah empat perjalanan KA Serayu Jakarta-Kroya, empat perjalanan KA Ekspres Purwakarta-Jakarta dan dua perjalanan KA lokal Cibatu Garu – Purwakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar