Minggu, 10 April 2011

Bekas Stasion Joyoboyo menjadi KBS


Pemerintah kota (pemkot) Surabaya akan memanfaatkan bekas stasiun trem Joyoboyo sebagai area parkir dan perluasan kebun binatang surabaya (KBS). Pemkot Surabaya akan merombak lahan di sisi selatan KBS itu sebagai bagian dari penataan kota.
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, penataan kawasan Surabaya Selatan yang meliputi kawasan Joyoboyo harus dilakukan. Kawasan itu dianggap pintu masuk ke Surabaya dari arah selatan.
“Pemkot berencana menjadikan kawasan Joyoboyo sebagai areal parkir dan perluasan kebun binatang (KBS),” kata Risma di balai kota, Minggu (10/4).
Ia menyatakan pernah bertemu pihak PT KAI Daops 8 yang memiliki kewenangan atas lahan tersebut. Dalam pertemuan beberapa pekan lalu itu, PT KAI merespon s baik rencana pemkot dan akan melakukan kerjasama.
Mengenai perluasan lahan untuk KBS, Risma mengatakan, pemkot berencana mengambil alih. Menurutnya, KBS merupakan kebanggaan masyarakat Surabaya, tentunya pemkot berkewajiban melindunginya. “Apalagi tanah KBS merupakan aset pemkot, katanya.
Pemkot, kata Risma, akan mengajukan surat permohonan kepada Menteri kehutanan. namun, sebelum itu, pihaknya akan mengaudit. Seperti mengaudit hewan, tumbuhan, dan apa yang ada di sana.
Sebelumnya, Manajer Humas Daops 8 PT KAI, Sri Winarto mengaku kecewa karena PT Senopati yang menjalin kerjasama tidak segera membangun bekas stasiun itu. Pihaknya akan mengevaluasi kembali kontrak itu. “Kami berharap segera dibangun. Dan kami merespons baik rencana pemkot” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar