Rabu, 15 Mei 2013

MAN Insan Cendekia Gratiskan Biaya hingga Lulus

Kementerian Agama membuka pendaftaran siswa baru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, yang merupakan satu-satunya lembaga pendidikan di bawah naungan Kemenag yang memberikan beasiswa penuh kepada siswanya.

Sistem pembelajarannya di dalam asrama, laiknya pondok pesantren. Bedanya selain siswa, yang diasramakan juga kepala sekolah, guru dan tenaga administrasinya.

Hanya saja, saat ini MAN Insan Cendekian baru ada di daerah Serpong dan Gorontalo. Meski demikian siswa Jatim bisa mendaftar melalui Kanwil Kemenang.

Kasi Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Madrasah, Kemenag Jatim Abdul Hakim menjelaskan proses pendaftaran sekolah unggulan ini bisa via online. "Tidak hanya siswa Madrasah yang bisa ikut, sekolah umum pun bisa. Hanya saja perbandingannya 80 persen tetap siswa madrasah, 20 persen siswa sekolah umum karena memang yang lebih difokuskan yang landasan agamanya kuat," terang Hakim, Rabu (15/5/2013).

Setelah mendaftar, peserta akan mengikuti seleksi keagamaan serta tes potensi akademik Matematika dan Bahasa Inggris pada 1 Juli 2013 mendatang. Untuk wilayah Jatim, seleksi akan dilaksanakan di MTs Sidoarjo.

Kuota yang diambil untuk tahun ini diperkirakan tidak berbeda jauh dengan tahun lalu, yakni masing-masing 120 siswa untuk MAN Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo. "Tahun lalu, pesertanya lebih dari 7.000 siswa. Kemungkinan tahun ini akan meningkat," katanya.

Menurut Hakim, sistem pembelajaran di IC ini sangat bagus dan benar-benar berbasis agama.dan iptek. Siswa yang lolos seleksi akan dibebaskan seluruh biaya pendidikannya. Bahkan akan diberikan uang saku per bulan. "Guru, kepala madrasah dan siswa dalam satu asrama serhingga 24 jam bisa dipantau," sambungnya.

Hakim menjamin, lulusan Insan Cendekia ini berkualitas. Terbukti sejak dibuka hingga kini seluruh lulusannya masuk di perguruan tinggi favorit di Indonesia. "Bahkan tahun lalu ada yang kuliah di Singapuram Malaysia, Jepang dan Al Azhar Mesir," terangnya.

Tahun ini MAN Insan Cendekia juga akan dibangun di daerah Pasuruan, dan direncanakan tahun ajaran 2014-2015 sudah bisa dioperasionalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar